Jumat, 17 Oktober 2008

Michael Corleone

Michael adalah sosok seorang anak dalam keluarga Corleone. Ia adalah satu-satunya anak yang suka menolak perintah atau usul dari keluarganya. Michael atau bisa disebut dengan nama Mike, ia adalah seorang tentara yang pergi berperang dan mendapatkan banyak medali dari kegiatannya disana. Ia adalah seorang tentara yang tangguh. Sebenarnya ia pergi berperang tidak diizinkan oleh Don Vito tapi tetap saja, ia sudah bertekad untuk ikur serta dalam perang tersebut. Dan pergilah dia. Mike kembali dari perangnya dan datang mengahdiri pesta perkawinan anaknya Don Vito ( anak perempuannya ). Sebenarnya Don lah yang menyusun secara diam-diam agar Mike kembali pulang. Bersama anak buahnya mereka pergi menemui sersannya, ketua rumah sakit dan yang bersangkutan lainnya. Karena Don sangatlah khawatir karena ialah satu-satunya anak yang mau sekolah di jurusan hukum. Dan ingin dialah yang melanjutkan kepemimpinannya dalam The Godfather ini.
Mike pertama kali ditugaskan dalam Mafia pada saat ia menatuh dendam pada kepala polisi dan utusannya yang telah memukulinya hingga ia harus merasakam kawat pada giginya dan rasa ngilu pada pipinya yang telah dipukuli secara bertubi-tubi. Ia tidak melawan, ia bisa menahan emosi di dalam dirinya. Ia tidak akan menceritakan ini ke siapapun di dunia ini. Mike diutus untuk membunuh kepala polisi dan utusannya di restoran tengah malam/ Ia ditugaskan untuk melakukan hal ini pada saat Don Vito jatuh lemah di rumah sakit akibat ditembak oleh seseorang yang tidak dikenalnya. Berangkatlah Mike ke restoran itu, mereka berbincang-bincang sedikit disana sambil menyatap makanan pesanan mereka. Mereka berbicara menggunakan 2 bahasa yaitu Bahasa Sisilia dan Inggris. Setelah mereka sudah berbincang-bincang, Mike dengan tampang ingin ke belakang dengan alasan buang air. Tapi sebelumnya ia diperiksa dulu oleh salah satu dari mereka. Dan dianggap bersih. Ia kebelakang mencari pistol yang anak buahnya taruh di antara selipan-selipan toilet. Setelah Mike keluar dengan refleks Mike menembakkan pistol itu tepat pada kepala mereka berdua. Mike langsung kerluar dan masuk ke mobilnya.
Itulah yang pertama kali Mike lakukan untuk menjalani masalah pribadi, karena dalam The Godfather bisnis tetap bisnis dan masalah-masalah dianggap masalah pribadi.
Dia juga pernah dikirim ke suatu daerah terpencil untuk menyembunyikan Mike, yang bernama Corleone. Bersama 2 anak buahnya ia pergi kesana. Di sana ia menemukan gadis yang cantik pada saat ia mau ke pusat kota. Gadis itu adalah anak dari seorang yang punya restoran disana. Ia sangat cantik sehingga Mike suka dengannya. Sebelumnya Mike ditolak untuk menemui gadis itu tetapi dibantu oleh 2 anak buahnya ayah gadis tersebut bisa menerimanya, Mike ingin menikah dengannya, secara sah dan dengan persetujuan dari ayahnya tersebut. Menikahlah dia dengannya. Tapi sayangnya ia hanya bersama dia dengan waktu yang relaitf pendek. Pada saat ia ingin menunjukkan bahwa ia bisa naik mobil dan menyetirnya sendiri, anak buah kepercayaannya menaruh bom do mobilnya dan meledak bersama istrinya dan juga mobilnya pada saat ia menginjak gas.
Di New York ia kembali lagi ke Kay Adams , ia menikah dengan Kay tetapi rumah tangga mereka sangat berantakkan. Mike dikaruniai 2 orang anak yang satu perempuan dan yang satunya lagi laki-laki. Dan mulai berantakan ketika Mike mengutuskan agar si Kay tidak boleh menemui kedua anaknya. Dan itu benar-benar terjadi. Kay benar-benar tidak boleh menemui anaknya.
Don Michael adalah sosok Don dimana ia selalu tenang menghadapi segalanya. Pertentangan-pertentangan satu persatu diatasi dengan tenang dan diam-diam. Mike pernah menjadi ayah baptis bagi anak-anaknya dan menerima berbagai penghargaan, dari gereja, bakti sosial dan sebagainya. Don selalu ikut turut dalam berbagai macam kegiatan sosial. Setiap ada acara pasti ada dia.
Don Michael mengalami kepedihan yang dalam pada saat sang putrinya tertembak oleh seseorang yang tidak dikenalnya. Mungkin dia adalah pesuruh keluarga mafia lainnya. Sebenarnya sasaran utamanya adalah si Don tetapi si putri menlindungi ayahnya dan tertembak di depan ayahnya. Ia tidak bisa menahan rasa sakit dan pendarahan yang begitu dalam sehingga ia meninggal di hadapan Ayahnya.
Mike meninggal dengan usia yang sudah tua. Pada saat-saat terakhir ia duduk di taman sendirian tanpa ditemani siapapun. Istrinya maupun Putranya, anak buahnya atau tangan kanannya. Ia meninggal tidak ditemani oleh siapapun pada saat detk-detik terakhirnya.
Di masa muda ia meninggalkan istrinya dan anak-anaknya, tapi di masa tua ia ditinggal pergi oleh mereka. Di masa tua dia sudah tidak berdaya, fisiknya tidak kuat, tetapi Don tetaplah Don. Masa muda dan masa tua dialah yang berkuasa di keluarga mafia itu.

Tidak ada komentar: